Review Marcks' Breathable Smoothing Powder, Kurangi Kilap


Memiliki muka kombinasi berminyak sering kali membuat saya resah dalam memilih produk kosmetik yang cocok. Area pipi dan dagu yang condong kering, sementara T-Zone berminyak mewajibkan saya untuk menentukan produk yang sempurna sesuai dengan area-area tersebut. Tak jarang, aku rampung menggunakan aneka macam macam produk pada paras dengan fungsi berlawanan sesuai dengan kondisi kulit.





Tapi dalam permasalahan mengurangi kilap diwajah sekaligus menahan minyak pada area T-Zone, aku tidak bisa melewatkan pressed powder atau loose powder. Karena setahu aku, kedua produk ini punya tugas penting dalam menahan minyak pada wajah semoga tidak menganggu performa kompleksi.





Saya masih ingat loose powder pertama aku yang bahkan sudah saya gunakan sejak menginjak dingklik Sekolah Menengah Pertama datang dari brand—old but gold—Marcks. Brand legendaris ini sepertinya tak hanya diketahui oleh generasi saya, pasalnya keputusan saya untuk memakai bedak ini ketika Sekolah Menengah Pertama dilandasi oleh rekomendasi ibu aku, otomatis saya percaya bahwa ibu aku pun sudah mengenal baik bedak ini.





Tentang Produk





review marcks breathable smoothing powder




Baru-gres ini, tepatnya pada Juli 2020 Marck’s meluncurkan Breathable Smoothing Powder dengan bungkus yang sungguh eye-cathing alasannya adalah berlainan dengan ‘gaya’ yang biasanya diusung salah satu brand asuhan PT Kimia Farma ini.





Marcks’ Breathable Smoothing Powder sendiri merupakan salah satu produk dari Marcks’ Classic & Active ialah brand extension dari Marcks’, atau gampangya produk ini ada dalam klasifikasi berbeda tetapi masih di satu lingkup merk yang sama.





Klaim dan Benefit





Selain memiliki tekstur yang lembut dan ringan, Marcks’ Breathable Smoothing Powder diklaim mampu membantu mencerahkan kulit secara alami dengan kandungan licorice extract dan alpha arbutin-nya.





Tak hanya itu, bedak inovasi Marcks’ ini juga diperkaya dengan ekstrak teh hijau yang bersifat antioksidan untuk pertolongan terhadap pengaruh jelek lingkungan serta vitamin E untuk menjaga kelembapan kulit. Dengan bedak ini juga penampilan kulit wajah akan terbebas dari kilap dan terlihat natural.





Cara Pemakaian





Tidak ada langkah khusus yang disarankan oleh Marcks’ dalam penggunaan Breathable Smoothing Powder. Kamu mampu menggunakannya mirip pemakaian loose powder kebanyakan adalah dengan mengaplikasikan bedak menggunakan puff yang sudah ditawarkan atau memakai brush tambahan secara lembut pada paras .





Kemasan





review marcks breathable smoothing powder_kemasan




Sebenarnya bungkus produk Marcks’ telah cukup lama divariasikan, dari yang mulanya sungguh bulky menjadi lebih handy dan pouch-friendly. Meski memang Marcks’ juga masih menjaga sang produk legendaris yang berukuran cukup besar.





Nah, Marcks’ Breathable Smoothing Powder sendiri dibungkus dalam aluminium jar dengan berat higienis 15g yang unik dan berdasarkan aku sungguh menggemaskan. Walau simple, saya mencicipi vibe berbeda pada kemasan ini dibandingkan dengan bungkus produk-produk Marcks’ sebelumnya yang lebih plastic-oriented.





review marcks breathable smoothing powder_puff




Ketika cap jar dibuka, aku disambut oleh puff bedak yang sungguh lembut, cukup mini, dan agak pluffy. Dan alasannya adalah loose powder atau bedak tabur, tak lupa Marcks’ menautkan sifter selaku penyaring bedak supaya jumlah yang keluar nggak terlampau banyak dan messy. Berhubung produk yang aku ulas ini baru, pada bagian sifter juga masih terdapat lid segel yang menjadi penanda bahwa produk masih baru serta dalam keadaan super higienis.





Overall, bungkus ini sungguh menggemaskan di mata aku. Bahkan beberapa rekan kerja saya juga mengakuinya dan cukup tertarik dengan penampilan berbeda Marcks’ Breathable Smoothing Powder.





Ingredients





review marcks breathable smoothing powder_ingredients




Full Ingredients





Talc, Mica, Triethoxycaprylylsilane, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Parfum, Boron Nitride, Phenoxyethanol, Propylene Glycol, Vitamin E Acetate, Camellia Sinesis Leaf Extract, Water, Methylparaben, Propylparaben, Aluminium Hydroxide, Synthetic Fluorphogopite, Alumina, PEG-32, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Citric Acid, Alpha Arbutin.





Key Ingredients





  • Vitamin E Acetate




Kandungan bergotong-royong dari vitamin E acetate ialah tocopheryl acetate, bahan satu ini memang menawarkan manfaat antioksidan yang cukup potent. Makanya tocopheryl acetate sering banget dijumpai pada produk kosmetik. Di samping itu, vitamin E juga memiliki kemampuan tambahan dalam melembabkan, persis mirip yang diklaim Marcks’ tentang produk ini. 





  • Camellia Sinesis Leaf Extract




Kalau bahan yang satu ini tidak lain dan tidak bukan yakni ekstrak teh hijau. Sama halnya dengan vitamin E, teh hijau juga diandalkan sebagai salah satu bahan yang menawarkan faedah antioksidan karena kandungan polyphenol di dalamnya. Kandungan ini bahkan terbukti mempunyai kemampuan dalam memperbaiki tampilan kulit akibat paparan sinar matahari.





  • Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract




Dalam problem mencerahkan, Marcks’ mengandalkan ekstrak licorice dalam formulasinya. Bahan alami ini mampu melakukan pekerjaan menghalangi buatan enzim tirosinase yang bertanggung jawab atas pembentukan flek hitam dan noda hiperpigmentasi lain. Karena itulah kamu akan cukup sering menemukan materi ini pada produk-produk dengan klaim ‘brightening’.





  • Alpha Arbutin




Bersinergi dengan licorice root extract dalam produk ini, alpha arbutin ialah skin britening agent yang sangat bagus dalam mencerahkan flek hitam, serta memperbaiki ketidakmerataan warna kulit. Jadi jika kau memakai produk dengan kandungan arbutin, kau akan mendapati paras yang lambat laun menjadi terlihat lebih cerah.





Impresi





Karena sebenarnya Breathable Smoothing Powder bukanlah bedak Marcks’ pertama aku, rasanya cukup menegangkan sekaligus tidak tabah untuk secepatnya ‘bermain-main’ dengan produk ini. Terakhir kali saya menggunakan bedak Marcks’ yang masih dalam kemasan jadul sendiri, yaitu ketika duduk di dingklik tingkat pertama kuliah. Cukup usang kan? Makanya saya sudah tidak tabah untuk ‘reuni’ dengan produk Marcks’.





Tekstur





review marcks breathable smoothing powder_tekstur




Secara tekstur harus aku katakan bahwa nggak ada pergeseran apapun pada produk terbaru Marcks’ ini. Saya masih mendapati abu bedak yang sangat halus dan lembut saat diaplikasikan. Ketika produk diambil dari jar menggunakan puff pun masih ada powder yang berterbangan diudara meski memang jumlahnya tidak banyak. Akan tetapi tekstur ini tetap terasa tenteram dan lembut bagi paras .





Aroma





Sama mirip tekstur, aroma dari Breathable Smoothing Powder ini juga nggak berlainan dengan aroma bedak Marcks’ lainnya—juga aroma bedak kebanyakan. Powdery notes yang lembut ini dijamin nggak aneh bagi hidungmu.





Shade





Marcks’ Breathable Smoothing Powder sebetulnya berisikan 4 shade; Rose Pink untuk light skintone dengan cool undertone, Ivory bagi pemilik light skintone tetapi undertone-nya warm, sementara Natural Beige untuk pemilik skintone medium to medium deep dengan neutral to cool undertone, dan terakhir Warm Beige untuk pemilik medium deep to dark skintone dengan undertone warm.





Entah mengapa aku memutuskan untuk berbelanja shade Natural Beige padahal undertone saya cenderung warm, walau memang dari sisi skintone, kulit sawo matang saya masih masuk persyaratan. Tapi ya sudahlah, aku tetap memberanikan diri untuk mencoba dan menguji produk ini hingga tuntas.





Aplikasi





  • Single Use




review marcks breathable smoothing powder_aplikasi 1




Luckily, bedak ini ternyata translucent pada paras saat dipakai single use. Saya tidak mencicipi adanya kesan ashy sama sekali setelah tamat mengaplikasikan produk.





Selain translucent, tidak ada juga imbas tone up apapun yang disediakan Marcks’ Breathable Smoothing Powder, namun bedak ini mampu meminimalisir kilap dan menciptakan performa simpulan kompleksi tampak lebih matte serta segar, lho. Karakter tersebut sangat sesuai bahkan kalau dipakai oleh para cukup umur dan pemula yang ingin penampilan kompleksi anti kilap natural.





Oh iya, pada tampang saya yang condong normal berminyak, bedak ini nggak menimbulkan adanya crack baik pada bab T-zone yang cenderung berminyak maupun pada area kulit yang normal. Sehingga saya rasa untuk pemilik kulit normal, kombinasi dan berminyak, bedak ini cukup aman dipakai.





  • Sebagai Setting Powder




review marcks breathable smoothing powder_aplikasi 2




Saya juga menggunakan bedak ini selaku setting powder sehabis menggunakan foundation dengan medium coverage. Namun, lagi-lagi, Marcks’ Breathable Smoothing Powder nggak menghasilkan pigmentasi apapun pada kompleksi selain meminimalkan kilap pada wajah.





Menariknya, pori-pori aku yang semula nggak mampu tersamarkan dengan foundation, ternyata lebih minimal tampilannya sehabis menggunakan bedak ini. Saya nggak menyadari fakta ini dikala menggunakannya single use, namun saat dipakai serentak dengan foundation hasilnya cukup drastis, walau memang nggak benar-benar menciptakan tampilan seamless pores.





Performa dan Ketahanan





  • Single use




review marcks breathable smoothing powder_peforma 1




Selama memakai bedak ini sebagai single use, aku rasa kemampuan bedak dalam menahan minyak tetap berkurang dari waktu ke waktu. Meski pada awal penggunaan paras aku bebas dari kilap, nyatanya sesudah satu jam penggunaan, minyak kembali menghiasi bab T-zone. Dengan demikian, kemampuan bedak dalam menertibkan minyak kurang dependable jikalau cuma digunakan single use.





  • Sebagai Setting Powder




review marcks breathable smoothing powder_Peforma 2 (1)




Tak berbeda jauh dengan single use, ketahanan produk dalam mengendalikan minyak sebagai setting powder juga menurut saya so-so meski condong lebih tahan lama dibandingkan single use. Mungkin hal ini juga terbantu dengan kesanggupan foundation yang saya gunakan, sehingga kompleksi dapat bertahan 4-5 jam tanpa terlalu tampak greasy.





review marcks breathable smoothing powder_peforma 2




Minyak yang dihasilkan memang nggak overproduced, yang artinya produk ini nggak terlalu bikin kulit jadi kering selama penggunaan. Otomatis minyak yang dihasilkan secara alami oleh kulit pun jadi nggak terlampau banyak untuk menyeimbanginya. Oh iya, kompleksi saya juga bisa di-lock dengan baik oleh bedak, soalnya foundation saya nggak banyak bergeser walau sampai 5 jam pemakaian tanpa terkena basuhan air.





Tips dan Trik





Dalam menggunakan loose powder sebagai setting powder, memang sebaiknya menggunakan perlindungan brush dalam mengaplikasikannya. Mengingat brush tidak akan menciptakan jumlah bedak yang diambil terlalu banyak dan mampu meyebarkan bedak lebih merata pada tampang. Tapi, jikalau kau belum mempunyai brush, kau tetap mampu memakai puff kok, khususnya puff dengan bulu yang halus dan lembut.





Seperti dilansir dari Byrdie, cara menggaplikasikannya pakai puff yaitu dengan mengambil bedak secukupnya menggunakan puff, lalu sebarkan bedak hingga merata pada pemukaan puff dan lipat puff menjadi dua. Jangan lupa buang sisa kelebihan bedak dengan mengetukannya pada dinding kontainer. Baru deh mampu kau aplikasikan secara merata pada wajah.





Harga dan Tempat Pembelian





review marcks breathable smoothing powder_1





Cek harga di Shopee






Cek harga di Lazada





Selain dibanderol dengan harga yang cukup ramah kantong yaitu sekitar Rp47.000, kau juga akan mudah memperoleh Marcks’ Breathable Smoothing Powder yang menggemaskan ini baik secara online maupun offline. Bahkan perusahaan yang menaungi brand Marcks’ yaitu Kimia Farma sudah punya official store online sendiri di beberapa website e-commerce.






Kesimpulan





review marcks breathable smoothing powder_kesimpulan




Secara keseluruhan, sebagai produk drugstore yang affordable, saya cukup terkesan dengan Marcks’ Breathable Smoothing Powder ini. Selain affordable, menggemaskan, dan gampang untuk didapatkan, kemampuannya dalam pore blurring juga tidak mengecewakan dikala digunakan sebagai setting powder.

























Pro





  • Menguragi kilap pada kompleksi
  • Punya kemampuan pore blurring jika dipakai dengan alas bedak
  • Bisa menahan minyak cukup baik dikala dipakai sebagai setting powder
  • Sebagai setting powder, mampu nge-lock kompleksi cukup lama
  • Tidak membuatkompleksi crack
  • Kemasan menggemaskan






Cons





  • Tidak begitu baik dalam menahan minyak selaku single use
  • Bedak condong translucent tanpa pigmentasi sama sekali
  • Tidak mencerahkan kompleksi









Bagaimana? Tertarik untuk menjajal produk ini sesudah membaca ulasan saya? Untuk everyday makeup, produk ini setuju sih menurut aku. Tapi tetap ingat ya, hasil ini merupakan personal experience, jadi saya nggak bisa menjamin produk ini mempunyai hasil yang serupa pada kulitmu. Tapi, dibandingkan dengan penasaran, kau seharusnya mencoba sendiri.





Kalau kau punya pengalaman berlawanan yang nggak kalah mempesona dengan aku selama menggunakan Marcks’ Breathable Smoothing Powder ini, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya! Kebetulan, Kamini juga punya anjuran loose powder yang elok lainnya bila kamu masih butuh referensi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel