Review Mad for Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer


Mad for Makeup, atau Mad., yaitu pemain baru di industri keelokan Indonesia. Tidak datang dengan santai, Mad. jelas-terangan rebel. Mad. mengutarakan kalau mereka berlainan dengan produk-produk keayuan yang sudah terkenal apalagi dahulu di Nusantara, mau itu produk lokal maupun internasional.





Debut pada tahun 2017, Mad. sudah menarik perhatian banyak orang muda Indonesia dan sudah mempunyai basis pengguna yang kuat. Shirley selaku pemilik brand Mad. merasa ada kejanggalan dalam dunia kosmetik dan perawatan kulit, terutama yang berlabel high-end.





Setelah melakukan riset, Shirley memahami bila harga yang dipatok merk-merk tersebut tidak masuk akal, bahkan mampu 10x lipat lebih tinggi dari harga modal. Untuk itu, Mad. rebel dengan menciptakan produk-produk berkualitas high-end tetapi dalam harga yang lebih masuk logika.





Kini, Mad. sudah mempunyai 17 produk seperti lipstik, spons keelokan, dan tentunya concealer yang kebetulan akan Kamini ulas kini. Nama concealer-nya yaitu Mad for Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer. Hadir dalam berbagai shade yang unik, yaitu dibagi per skintone dan undertone, bergotong-royong saya merasa lebih cocok dengan shade W1.





Tapi, alasannya selalu sold out di mana-mana, maka saya beralih ke shade C1. Bagaimana kiranya penampilan concealer ini? Apakah sesuai dengan klaimnya? Yuk, lihat bahu-membahu!





Tentang Produk









Namanya yaitu Mad for Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer. No-crease serum concealer ini memiliki feel yang sungguh ringan. Walau begitu, pigmentasinya cukup tinggi untuk menutupi noda hitam dan juga bekas jerawat.





Dengan pemanis 3% Cica + 2% B3 + HA Serum Acne, concealer ini juga sekaligus akan menolong mencerahkan dan juga menghindrasi kulit. Concealer ini tahan lama, creaseless, eyebag-less, kondusif untuk kulit berjerawat, dan waterproof juga.





Klaim & Benefit





Sesuai namanya, Spotless Second Skin Serum Concealer, produk ini:





  • Ringan layaknya second skin
  • Pigmentasi tinggi sampai bisa meng-cover acne scar dan dark spot
  • No-crease
  • Mengandung serum 3% Cica + 2% B3 + HA (pencerah & penghidrasi)
  • Acne safe & clean
  • Long lasting
  • Waterproof
  • Halal
  • Eyebag-less




Kemasan









Mad for Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer memiliki bungkus yang sungguh sederhana. Bahannya tipis seperti kertas daur ulang, tak ada laminasi plastik lagi di luar maupun dalamnya, which is good. Mungkin itu memang intensi dari Mad. sehingga lebih ramah lingkungan.





Kalau dilihat dari kotaknya terkesan kalau ini bukan makeup, ya? Beda banget dari boks kosmetik yang lazimnya . Untuk penyeleksian warnanya mengikuti warna dari masing-masing shade. Karena milik saya ini shade C1 yang masuk klasifikasi fair, maka warna boksnya juga cukup jelas.





Di boks terdapat tulisan nama merk, nama produk, klaim, kandungan, dan yang lain yang ditulis dengan tinta berwarna putih. Jadinya saru banget sebab warna dasar boksnya cukup jelas untuk shade C1. Sedangkan tanggal kadaluwarsa dan barcode-nya dicetak dengan tinta hitam.





Di salah satu sisinya, ada lubang yang bisa membuat kita mengintip ke dalam buat menyaksikan shade concealer-nya. Tadinya aku cukup kaget karena kalau dilihat seperti ini, warna concealer-nya terlihat lebih gelap dibandingkan warna boksnya. Saya sempat cemas akan terlalu gelap atau ashy di kulit aku jadinya.





Makara, berdasarkan saya kalau kamu beli produk ini secara offline ataupun online, jangan mengacu pada warna yang terpampang pada boks maupun yang mampu kamu lihat dari lubang tadi. Karena, eyes can be deceiving. Sebaiknya cek akun Instagram Mad. ialah @madformakeup.co untuk mengecek shade sebelum menetapkan mana shade yang tepat buatmu.









Tuh, kan, warna concealer-nya tidak terlampau seperti dengan boks luarnya. Benar-benar tricky menentukan shade lewat boksnya walau niat mulanya baik, untuk memudahkan. Sebaiknya hindari cocoklogi dalam membelinya, deh.





Anyway, inilah penampilan kemasan intinya. Satu kata: manis. Saya suka sekali visualisasinya, berlawanan dibandingkan dengan produk concealer pada umumnya. Menurut saya kemasannya yang mungil dan kotak ini mengingatkan pada Tipe-X buat meniadakan goresan pena pulpen.





Pilihan warnanya yang berani dari hijau limau sangat cocok dipadu dengan bodinya yang bening, sehingga kontras sekali jika ketimbang warna concealer yang terlihat. Eye-catchy banget, kan?





Mad. tidak mengedepankan nama merk mereka di packaging dalamnya, alasannya mereka lebih menonjolkan klaimnya dari kata (Spot) 'Less'. Selain itu, ada informasi singkat tentang produk, tanggal expired, dan nomor shade.









Tutupnya cukup tinggi, bahkan lebih daripada bodi kemasannya. Makara seperti 55% tutup dan 45% bodi. Menurut saya akan lebih bagus kalau tutupnya diperkecil, sekitar setengah dari ukuran yang sekarang juga sudah cukup, biar lebih mudah dipegang.





Terus, alasannya aplikatornya agak masuk lagi ke dalam, jikalau dilihat dari samping akhirnya kelihatan pendek banget. Kalau untuk ukuran doe foot-nya, sih, sama seperti aplikator serupa pada produk-produk mirip lip cream dan juga concealer. Ukurannya cukup panjang dan miring. Brush-nya lembut tetapi tidak terlampau lentur. Tapi tidak menusuk kulit juga, kok.





Ingredient List





Sekarang lagi animo banget kosmetik yang diinfus dengan skincare, salah satunya yakni Mad. Spotless Second Skin Serum Concealer. Makanya, saya menghendaki setidaknya ada lebih dari dua kandungan yang bermanfaat sebagai skincare di dalamnya. Langsung saja kita cek bersama-sama, yuk.





Full Ingredients





Aqua, Ci 77891, Isohexadecane, Hydrogenated Polydecene, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Glycerin, Trimethylsiloxysilicate, Polyglyceryl-3 Polyricinoleate, Lauroyl Lysine, Niacinamide, Propanediol, Silicon Dioxide, Butylene Glycol, Magnesium Stearate, Sorbitan Sesquioleate, Squalane, Ci 77492, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis Extract, Polyglyceryl-3 Diisostearate, Propylene Glycol, Trehalose, Aluminum Hydroxide, Hydrogen Dimethicone, VP/​Hexadecene Copolymer, Ci 77491, Allantoin, Glyceryl Tribehenate/​Isostearate/​Eicosandioate, Glycyrrhiza Glabra (Root) Extract, Centella Asiatica Leaf Extract, Disteardimonium Hectorite, Salicylic Acid, Amylopectin, Octyldodecanol, Ci 77499, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Dextrin, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Hyaluronic Acid, Xanthan Gum, Triethoxycaprylylsilane, Hydrolyzed Royal Jelly Protein.





Key ingredients





  1. Niacinamide




Dikenal secara luas sebagai anti-acne dan skin brightening, zat ini adalah cell-communicating ingredient dan juga exfoliant. Kamu mungkin juga menemukan Niacinamide dalam kata lain, seperti Nicotinamide atau Vitamin B3, mereka semua sama saja, hanya berbeda nama.





Ini ialah materi anti-penuaan yang mahir, mampu menghaluskan kerutan, memudar bintik-bintik cokelat, meningkatkan sintesis ceramide sehingga menciptakan penghalang kulit yang lebih kuat dan lebih sehat. Kandungan ini juga akan membuat hidrasi kulit yang lebih baik serta dapat menolong memperbaiki beberapa kondisi kulit termasuk abses, rosacea, dan dermatitis atopik.





2. Centella Asiatica Leaf Extract





Antioxidant dan skin-soothing yakni manfaat khususnya. Untuk kebutuhan kosmetik, Centella asiatica digunakan sebagai senyawa aktif dalam perawatan kulit.





Karena, ia melakukan pekerjaan sangat bagus sebagai antioksidan, antiinflamasi, antiselulit, dan antipenuaan. Oleh karena itu, ekstrak Centella asiatica yang kaya akan triterpen ini berkembang menjadi menjadi materi baku yang berguna, juga sering dipakai dalam berbagai macam produk perawatan kulit dan badan.





3. Methyl Methacrylate Crosspolymer





Methyl Methacrylate Crosspolymer adalah suatu film yang dipakai dalam kosmetik dan produk keelokan. Ini ialah polimer berpori yang penambah viskositas, juga dapat menyerap kelebihan sebum atau minyak penghasil bisul.





4. Trimethylsiloxysilicate





Trimethylsiloxysilicate yakni resin silikon yang sungguh terikat silang dan digunakan untuk atribut pembentuk film dari sebuah produk. Zat ini membantu menahan pigmen di tempatnya sambil memperlihatkan ketahanan air dalam perawatan kulit dan kosmetik berpigmen. Makanya Mad. berani jamin concealer-nya waterproof, ya, alasannya ada kandungan ini.





Impresi





Nah, kini saya akan masuk ke pembahasan what is the first impression of Mad for Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer? Mulai dari tekstur, swatch, dan juga aroma dari produk ini akan aku beberkan sekarang.





Tekstur & Swatch









Sesuai dengan klaimnya, ialah like a second skin, concealer ini memang sungguh ringan. Teksturnya tidak terlampau creamy tetapi tidak terlalu cair juga. Setelah diratakan, rasanya seperti tidak menggunakan apa-apa saking light-nya.





Untuk shade, Mad. mengeluarkan tiga base utama, ialah C (cool), N (neutral), dan W (warm) dengan masing-masing 2 sampai 3 nomor. Makara, ada C1, C2, C3, N1, N2, N3, sedangkan W cuma mempunyai dua pilihan saja adalah W1 dan W2. Semakin tinggi angka maka warnanya makin gelap.





Untuk angka 1 bermakna Light. Maka, C1, N1, dan W1 itu Light semua namun dalam skintone tersebut. Sedangkan nomor 2 mempunyai arti Medium dan nomor 3 yaitu Tan. Karena saya memiliki skintone kuning langsat dengan undertone yellow, aku mengincar shade W1.





Akan tetapi, warna-warna terang dari produk ini sungguh sukar dicari saking high demand-nya sehingga aku harus puas dengan shade yang seperti saja, ialah C1. Saya telah bilang di atas jika saya cemas shade ini terlalu gelap atau malah ashy di kulit aku.





Semua karena warna yang ditampilkan dari luar boks terlihat sungguh jauh dari skintone alami aku. Akan namun, setelah diaplikasikan pribadi ternyata warnanya tidak segelap itu, malah jatuhnya setingkat lebih putih untuk punggung tangan saya.





Tapi, ingat, punggung tangan kita biasanya tak sama dengan warna kulit wajah. Makara, mari kita lihat sekali lagi swatch-nya jika ada di kulit paras !





Wangi





Tak ada aroma apapun dalam concealer ini.





Daya Tahan dan Performa





Tak tabah ingin segera menunjukan sebagus apa Mad for Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer ini. Kaprikornus, langsung saja, dimulai dari how to use dulu, mirip biasa.





Cara Pemakaian





  1. Buka tutup dengan cara diputar, kemudian oles atau totol-totol concealer pada area yang dibutuhkan
  2. Biasanya orang-orang meng-conceal area bawah mata berupa segitiga siku-siku terbalik, lalu area hidung, dan dagu. Namun, kau mampu menyesuaikan dengan keperluan, misalnya ada noda bekas infeksi, bekas luka, dan yang lain yang ingin ditutupi ya tinggal dibubuhkan juga di sana
  3. Kemudian ratakan concealer dengan spons, brush, atau jari
  4. Lanjutkan makeup seperti yang umum kamu lakukan




Tips & Trik





Kamu mampu menggunakan concealer ini di atas bantalan bedak maupun tanpa alas bedak, loh. Misalnya kamu lagi malas dandan yang proper, tinggal pakai skincare seperti biasa, kemudian primer, lanjut dengan concealer ini. Nanti kamu mampu mendapatkan hasil natural look buat daily makeup!





Hasil









Mad. Spotless Second Skin Serum Concealer mempunyai jargon #ByeCreaseHiCover. Berarti, mereka mengedepankan high coverage tanpa cakey, kan? Let us see. Sebelumnya, saya sudah memakai BB cream terlebih dahulu. Namun, bisa dilihat jika mata panda aku belum tertutup sama sekali. Begitu pula dengan flek-flek kecoklatan di seluruh area muka saya.





Saya juga mempunyai dilema dengan pori-pori besar, kulit kering, dan area sudut hidung yang kemerahan/menghitam. Maka, saya akan memakai concealer ini sesuai dengan kebutuhan saya.









Coba amati swatch-nya dahulu. Ternyata shade C1 ini cocok juga di kulit saya. Padahal jikalau dilihat dari acuan penggunanya di Instagram, saya merasa lebih cocok dengan shade W1. Akan namun, C1 surprisingly goes well too! Malah akibatnya tidak terlalu keputihan, kegelapan, maupun kekuningan. Sepertinya, mungkin semestinya C1 lah shade yang saya pilih semenjak permulaan.





Saya hanya menggunakan concealer Mad. ini di satu sisi muka, yaitu di segi kanan (kalau dari foto, berarti yang kiri, ya). Bisa dilihat kalau aku cuma memakai sedikit sekali produk, alasannya adalah saya ingin mengetes pigmentasinya.





Namun, walaupun aku cuma pakai sedikit, ternyata concealer ini mampu menutupi lingkar mata hitam dengan sangat baik! Apalagi bila aku pakainya banyak, pasti ter-cover dengan sempurna, deh.





Area kehitaman di sudut hidung saya juga jadi tidak terlalu terlihat lagi, bukan? Namun, untuk flek kecoklatan masih agak kurang tertutupi, mungkin alasannya saya pakai concealer-nya terlalu sedikit. But, it's okay! Segini telah lebih dari cukup untuk makeup sehari-hari saya. Kalau mau kondangan atau kebutuhan penting yang lain, tinggal di-build lagi concealer-nya hingga full.





Kesimpulan









Saya sudah memakai Mad for Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer ini selama sekitar 5 jam. Karena kondisi kulit aku sedang cukup kering (lebih kering dari lazimnya ), maka telah mulai terlihat ada bercak-bercak putih yang merupakan dry flakes. Akan namun, dibandingkan kalau saya menggunakan concealer lain, Mad. Concealer ini masih bisa tame kulit kering saya dengan cukup baik.





Mungkin dibantu juga dengan produk skincare dan BB cream yang saya gunakan, karena semuanya mengandung pelembab. Untuk area bawah mata sedikit terlihat crease dan itu sangat-teramat-sedikit, mengingat saya tidak set concealer ini dengan bedak apapun, pastinya Mad. sungguh-sungguh jujur dengan klaimnya, adalah crease-less.





Walaupun, area kehitaman di sudut hidung saya mulai menampakkan lagi eksistensinya dan pori-pori besar saya tidak terlampau tertutupi, itu bukan persoalan besar. Mungkin lain kali bisa saya akali dengan pemakaian concealer yang lebih banyak dan setting powder yang pasti bisa menambah ketahanan dari concealer.







Pros





  • Kemasan boks minimalis, mirip terbuat dari kertas daur ulang
  • Packaging bungkus sungguh elok, praktis, mungil, menarik
  • Karena kecil, concealer ini gampang dibawa ke mana-mana tanpa makan daerah. Bahkan muat di saku celana jeans-mu!
  • Harganya terjangkau
  • Formulanya buildable dari medium ke full
  • Teksturnya sangat-sangat ringan dan mudah dibaurkan
  • Shade-nya dibuat dalam aneka macam skintone dan undertone yang lebih banyak didominasi di Indonesia
  • Sungguhan waterproof
  • Acne-prone skin friendly






Cons





  • Mad. mengklaim produk ini no-crease tetapi juga crease-less. Tentu itu adalah dua hal yang berlainan. Saya lebih oke pada kata crease-less karena produk ini masih crease walau memang sungguh sedikit
  • Tidak blur pori-pori besar secara maksimal
  • Aplicator wand-nya pendek
  • Karena bungkus tutupnya terlalu lebar dan besar, alhasil bikin kagok dikala aplikasi ke muka
  • Isinya sedikit jadi kalau kau selalu full force niscaya jadi cepat habis






Harga & Tempat Membeli










Cek harga di Shopee





Dibanderol harga di bawah 150 ribu, Mad for Makeup Spotless Second Skin Serum Concealer is really a big deal. Concealer ini sangat melakukan pekerjaan dengan baik. Walaupun ukurannya kecil, tetapi karena dengan pemakaian sedikit saja sudah mampu cover kekurangan di paras , aku pikir ini akan goes a long way. Really worth to buy!





Terimakasih telah membaca, agar artikel ini dapat membantu. Apa kamu menggemari concealer yang berisi serum ini juga? Bagaimana pengalaman kau menggunakannya? Cerita-kisah, yuk, di kolom komentar!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel