Review Focallure Capsule Lipstick, Si Mungil yang Tahan Lama


Siapa sih yang nggak kenal sama Focallure? Beauty enthusiast niscaya hafal banget sama merk asal Cina ini. Focallure memiliki sederet produk-produk kosmetik dengan aneka macam varian dan harga yang terjangkau. Salah satu varian kosmetik Focallure yang berdasarkan aku sungguh unik dan beda yaitu Focallure Capsule Lipstick.





Produk lipstik ini jauh berbeda dari lipstik pada umumnya di pasaran sana karena bentuknya yang mirip kapsul. Yes, beneran seperti dengan karakteristik kapsul yang kecil, sleek, dan ujung membulat. Dengan ukurannya yang super mini ini, lipstik jadi lebih mudah dibawa-bawa. Selain itu, mereka juga memiliki varian warna yang cukup beragam dan eye-catching, lho!





Gak hanya 1 shade, totalnya ada 7 shade dari keseluruhan seri capsule lipstick yang dirilis oleh Focallure ini. Penasaran dengan ulasannya? Baca terus sampai final ya!





Tentang Produk









Lipstick matte berbentuk kapsul ini dirilis sudah cukup lama dan ialah salah satu produk unggulan dari merk yang bermula dari Aliexpress ini. Konsep brand Focallure yang memang mengusung "Beauty and Love without Boundary" memang mirip tercermin dalam lipstik ini alasannya adalah dalam 1 box, kau mampu mencoba banyak varian warna dengan harga yang terjangkau.





Klaim dan Benefit





Mengutip pribadi dari web asli Focallure, lipstik ini diklaim full coverage dengan hasil akhir yang ultra-matte. Sedikit berlawanan dengan matte, ultra-matte memiliki aksara lebih ringan namun mampu meng-cover keseluruhan warna bibir. Lipstik ultra-matte juga biasanya lebih transferproof dan kissproof.





Kandungan dalam Focallure Capsule Lipstick ini juga diklaim bisa diterima kulit alasannya adalah memakai materi-materi yang aman dan tenteram. Tekstur lipstik ringan, nggak kering, dan nggak lengket. Dengan semua klaim ini, saya jadi makin nggak tabah buat cobain eksklusif produknya!





Cara Pakai





Meskipun punya bungkus yang berlawanan, tetapi pemakaian lipstik ini sama mirip lipstik yang lain. Kamu cukup pulaskan produk secara perlahan ke bibir. Kemudian ratakan dengan tangan. Untuk menerima hasil tamat yang lebih natural, kamu mampu coba tap-tap bibir dengan menggunakan jari setelah memulaskan lipstik-nya.





Kandungan





focallure-kandungan




Nah, kini kita lihat apa saja kandungan yang ada dalam lipstick ini, ya!





Full Ingredients:





Polyethylene, Microcrystalline Wax, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Isononyl Isononanoate, Caprylic/Capric Triglyceride, Caprylyl Methicone, PEG-10 Dimethicone, Lecithin, Polyhydroxystearic Acid, Isostearic Acid, Parfum, May Contain: CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 45410, CI 15850, CI 15985, CI 16035, CI 77891, CI 17200.





Star Ingredients:





Pada klaimnya, produk ini mengunggulkan tekstur yang ringan, tahan usang, dan juga tenteram digunakan. Setelah saya menjajal mencari tahu, beberapa kandungan inilah yang mampu mendukung klaim tersebut.





  • Microcystalline Wax




Bahan ini merupakan sejenis petroleum jelly yang biasa dipakai sebagai emollient dalam produk-produk kosmetik. Fungsi emollient sendiri yaitu untuk menahan kelembaban. Ngkak heran, ya, jikalau risikonya lipstik ini nggak terasa kering di bibir.





  • Dimethicone




Nggak cukup hanya dengan 1 kandungan pelembab saja, lipstik ini juga memiliki kandungan pelembab lainnya ialah dimethicone. Kandungan ini merupakan salah satu jenis silikon yang banyak dipakai dalam produk-produk kosmetik. Fungsinya yaitu semoga bibir tidak kehilangan kelembaban. Dengan aksesori dimethicone, lipstik ini sebaiknya bisa menahan lembab lebih lama, ya!





Kemasan









Kalau kamu membeli dalam versi bundle, kamu akan mendapatkan box berisi 5 shade Focallure Capsule Lipstick. Pada box terdapat keterangan ingredients. Sayangnya, dalam box produk yang saya beli, informasi yang tertulis berbahasa Cina. Namun, kau tetap mampu mendapat berita tentang kandungannya di website resminya, kok.





Tidak hanya dalam box, Capsule lipstik ini juga terbungkus plastik bening seperti permen. Gemas! Kemasannya yang seperti ini membuatproduk ini cocok banget untuk dijadikan sebagai hadiah.





Kemasan lipstik ini berisikan 2 warna, yakni warna-warni kemerahan yang mewakili setiap shade lipstik dan warna putih tulang atau broken white di bagian penutupnya. Sayangnya, tidak tercantum nama-nama shade dalam kemasan kapsulnya, sehingga agak membingungkan.









Selain desainnya yang mirip kapsul dan berskala mini, selebihnya produk ini punya fitur yang sama dengan lipstik pada umumnya. Tidak sukar untuk memutar kemasan sampai produknya keluar. Kamu cukup memutar bab bawahnya untuk mengeluarkan produknya. Isi produk di dalamnya pastinya jauh lebih minim dibanding lipstik lain karena ukurannya yang super mini.





Meski begitu, buat aku yang hampir jarang ngabisin lipstick, isi yang sedikit ini meminimalkan rasa bersalah aku karena sukar menghabiskan lipstik. Dengan ukuran yang mini seperti ini, lipstik jadi lebih sering terpakai.





Impresi





Selanjutnya, aku akan kasih tahu kalian apa saja yang saya peroleh saat pertama kali memakai lipstik ini ya!





Tekstur









Pada website resminya, Focallure mengklaim bahwa lipstik ini mempunyai tekstur yang silky. Sebagai gosip, tekstur silky ini maksudnya yakni lembut dan halus mirip sutra. Dengan klaim tersebut, pastinya ekspektasi saya cukup tinggi pada lipstik ini.





Saat aku mencoba swatch produk ini di tangan, memang ada sedikit gumpalan yang terlihat. Tapi gumpalan tersebut masih terasa ringan. Saya coba nge-blend produk ini dengan jari, dan kesannya tekstur produk pada kulit tampaklebih smooth. Overall, dari sisi tekstur, saya cukup terkesan dengan lipstik berskala mini ini.





Aroma





Selama memakai lipstik ini, dengan mencoba semua shade-nya, ada sedikit aroma khas wax pada lipstik. Meski begitu, berdasarkan saya aromanya hanya akan tercium kalau kita mendekatkan hidung kita ke lipstick-nya. Ketika digunakan, aroma ini bahkan tidak terasa. Kaprikornus berdasarkan aku, aroma-nya tidak mengganggu dan masih cukup tenteram di hidung.





Warna









Dari total 7 shade, pada bundle yang aku punya, saya cuma mempunyai 5 shade dengan warna dasar merah. Semua shade ini memang mempunyai dasar merah. Dari yang paling terang hingga yang lebih gelap.





  • #01 Important Meeting – Deep red




  • #02 All Might Party – mirip anggur merah atau red wine




  • #03 First Date – merah terperinci




  • #04 Mercury Retrograde – warna coral kemerahan




  • #05 Job Interview – red blush




Dengan varian warna-warna yang tersedia, lipstik ini jadi lebih mampu digunakan dalam segala program.





Pigmentasi dan Coverage





pigmentasi-focallure




Dari sisi pigmentasi, aku bisa bilang bila lipstik ini juara banget! Meskipun kecil dan harganya yang jauh lebih murah dari rata-rata harga lipstik di pasaran, pigmentasi yang disediakan nggak coba-coba. Warna yang dihasilkan ‘keluar’ banget dan mampu terlihat stand out. Kamu bahkan gak perlu usaha buat nge-swatch produk ini.





Untuk daya sebaran atau coverage power-nya sendiri berdasarkan aku cukup manis. Hanya sekali pulas, warna orisinil bibir bisa eksklusif ketutup walaupun ada sedikit gumpalan-gumpalan yang membuattampilannya jadi gak rata.





Tips





Karena warna lipstik ini mudah keluar, memakainya memang mesti secara perlahan-lahan banget. Kamu gak perlu terlalu menekan lipstik ke arah bibir alasannya malah bisa jadi terlalu tebal jadinya.





Untuk hasil yang lebih natural, gunakan secara perlahan tanpa perlu ditekan. Untuk hasil yang lebih bold, kau bisa memakai produk ini mirip biasa. Exfoliate bibir dan gunakan lip balm sebelumnya supaya lipstik matte lebih abadi.





Performa





Sebelum pemakaian Focallure Capsule Lipstick shade #01 Important Meeting




Setelah puas nge-swatch di tangan, kini saatnya mencoba pribadi di bibir. Saya coba mengaplikasikan lipstick ini pelan-pelan karena pigmentasinya udah setuju, jadi aku cukup effortless menggunakannya. Nggak ada rasa lengket ataupun berat. Sama seperti saat saya swatch lipstick ini di tangan.





Hasil akhir yang terlihat juga matte dan kerennya, bibir saya nggak terasa kering walaupun aku nggak menggunakan lip balm sebelumnya. Wow! Saya terkesan sekali dengan kesudahannya. Sangat di luar ekspektasi saya mengingat produk ini berlainan dan harganya yang murah.









Permukaan bibir saya pun tetap kering meskipun aku coba mengusap bibir dengan menggunakan jari. Ini memiliki arti lipstik melakukan pekerjaan sesuai klaim, yaitu, transferproof.





Uniknya, lipstik ini tetap stay dalam jangka waktu yang cukup lama. Saya mencoba memakai lipstik ini sembari makan masakan yang berminyak dan juga minum. Setelahnya, walaupun tampaklapisan lipstick di bibir menyusut, tetapi masih ada stain yang tertinggal di bibir jadi bibir gak tampakpucat.





Harga dan Tempat Pembelian






Cek harga di Shopee






Cek harga di Lazada





Focallure Capsule Lipstick bisa kau beli satuan maupun satu bundle. Harga persatuan kapsul lipstik dibanderol sekitar Rp20.000, sementara satu paketnya dihargai sekitar Rp75.000. Kamu bisa dengan gampang dapetin produk ini melalui pembelian online.





Kesimpulan





Awalnya aku nggak menaruh impian tinggi soal lipstik ini mengingat harganya yang murah banget. Tapi ternyata hasil tamat lipstik ini benar-benar di luar ekspektasi. Saya cukup terkesan dengan tampilan dan kualitas yang diberikan Focallure Capsule Lipstick ini. Berikut saya ringkas kelebihan dan kekurangan pada lipstik ini, ya!













Pros





  • Kemasan unik dan travel friendly
  • Pigmentasi memuaskan
  • Warna opaque
  • Transferproof
  • Cukup tahan usang
  • Masih ada stain walaupun digunakan makan






Cons





  • Pemakaian mesti sangat hati-hati alasannya produk gampang melekat
  • Tidak ada keterangan shade pada bungkus
  • Produk mudah patah








Setelah melihat ulasan Kamini ini, kira-kira shade mana yang paling menawan buat kau? Apakah kamu kesengsem untuk berbelanja produk ini? Share pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel